The Cliffs of Moher

The Cliffs of Moher (Irlandia: Aillte sebuah Mhothair, Merawat tebing dari kehancuran, juga dikenal sebagai Cliffs dari Mohair). Berlokasi di paroki Liscannor di tepi barat dari wilayah Burren dekat Doolin, yang terletak di County Clare, Irlandia. Cliffs saat ini salah satu dari 28 finalis untuk The New7Wonders of Nature.

Ketinggian tebing 120 meter (394 kaki) di atas Samudra Atlantik di Hag’s Head (Irlandia: Ceann na Cailleach), dan mencapai ketinggian maksimum 214 meter (702 kaki) di utara O’Brien Tower, delapan kilometer. Tebing yang membanggakan ini adalah salah satu pandangan Irlandia yang paling spektakuler. Pada hari yang cerah, Kepulauan Aran yang terlihat di Galway Bay, seperti juga lembah dan bukit-bukit Connemara.

O’Brien Tower merupakan sebuah menara batu bulat pada titik tengah perkiraan tebing. Dibangun oleh Sir Kornelius O’Brien, seorang keturunan Irlandia , dalam rangka untuk mengesankan pengunjung perempuan. Dari puncak menara itu, kita dapat melihat Pulau Aran dan Galway Bay, Pegunungan Turki Maum dan Dua belas Pins ke utara di Connemara, dan Kepala Loop ke selatan.

Tebing terutama terdiri dari dataran dari serpihan Namurian dan batu pasir, dengan batuan tertua yang ditemukan di bagian bawah tebing. Hal ini dimungkinkan untuk melihat saluran tua sungai 300 juta setahun yang memotong dasar tebing.

Ada banyak binatang yang hidup di tebing. Sebagian besar merupakan burung, dengan burung diperkirakan 30.000 dari 29 jenis. Ini termasuk Puffins Atlantik, yang hidup dalam koloni besar di bagian terisolasi dari tebing dan di Pulau Kambing kecil. Juga elang, burung camar, guillemots, shags, gagak dan choughs.

The Cliffs of Moher sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Irlandia dan terbanyak dikunjungi dan lebih satu juta pengunjung tiap tahunnya.

Bangunan yang telah dikembangkan oleh Clare County Council untuk kenyamanan pengunjung dengan konsep alami dengan desa sekitarnya. Resmi dibuka pada bulan Februari 2007, telah direncanakan dan dibangun lebih dari tahun 17, dengan biaya 32.000.000 € . An IMAX-jenis multimedia menunjukkan memungkinkan pengunjung untuk melihat mata burung dari tebing, serta melihat bagian dalam gua bawah air di kaki tebing.

Biaya 8,00 € per mobil untuk masuk. Ini mencakup semua orang dalam mobil dan biaya tersebut termasuk akses ke gedung pusat pengunjung, parkir dan kontribusi terhadap pelestarian dan keselamatan di tebing. Pengunjung ke pameran Edge Atlantik dikenakan tambahan € 4,95 per orang dewasa.

Perjalanan dengan Ferry juga memungkinkan wisatawan untuk melihat Cliffs of Moher dari permukaan laut.

The Cliffs dari Moher telah ditampilkan dalam film banyak kali, termasuk dalam The Princess Bride (1987), Harry Potter dan the Half-Blood Prince(2009), Tentacles of Doom, and in the Cigarettes and Alcohol and Rollerblading episodes of Father Ted (1996.

Dalam dokumenter 2008 Surfing “Waveriders”, tebing merupakan lokasi gelombang terkenal dikenal sebagai “” Aileens, spot dunia kini terkenal Big Wave Surfing